Frequently Asked Questions

PERTANYAAN YANG SERING DITANYAKAN

Bentuk Konsultasi Apa saja yang akan saya dapatkan?

Konsultasi yang akan di dapatkan  antara lain :

  1. Konsultasi secara lisan, Tanya jawab
  2. Konsultasi secara tertulis, yang nantinya bias di gunakan sebagai Peraturan Perusahaan dan Standard Oerating Procedure

Apakah nanti saya terikat sebuah kontrak tertentu setelah Perjanjian dengan Retailman Indonesia berakhir?

Klien Retailman Indonesia tidak mengikat klien dengan kontrak tertentu, setelah perjanjian kontrak kerjasama berakhir, kontrak kerjasama hanya berlaku sesuai dengan kesepakatan yang sudah di setujui kedua belah pihak

Apakah untuk mengundang representatif Retailman Indonesia ke kota saya untuk konsultasi langsung ada biaya nya?

Untuk mengundang kami untuk presentasi tidk dikenakan biaya konsultas, hanya dikenakan biaya Transportasi dan akomadasi, Biaya konsultasi yang kami kenakan kepada klien sesuai dengan kesepakatan yang dituangkan dalam kontrak perjajian kerjasama.

Siapa yang nanti akan memberikan konsultasi?

Yang akan memberikan konsultasi adalah Tim Retailman Indonesia.

Apakah Retailman Indonesia bisa membantu saya untuk pengadaan barang setelah usaha saya berdiri?

Retailman Indonesia, membantu merekomendasikan, daftar pemasok untuk product Consumer good, untuk kota-kota tertentu, dan untuk barang dagangan lainnya, kami hanya membantu meberikan saran product apa saja yang akan di jual di toko tersebut dengan pertimbangan tertentu.

Apakah di bantu dalam pengadaan karyawan?

Retailman Indonesia akan membantu proses recruitment karyawan, mulai dari :

  1. Membuat iklan lowongan Kerja
  2. Seleksi pelamar kerja
  3. Pemanggilan calon karyawan
  4. Melakukan Wawancar

Apakah dalam proses seleksi, saya selaku pemilik toko dilibatkan?

Pemilik toko akan dilibatkan dalam proses seleksi karyawan sampai karyawan tersebut di terima.

Setelah diterima apakah karyawan mendapatkan pelatihan?

Setelah karyawan diterima, mereka akan mendapatkan Training, atau pelatihan sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya.  

Siapa nanti yang akan memberikan Training kepada karywan?

Yang akan memberikan Training kepada karyawan adalah Tim Retailman.

Berapa lama karyawan akan di Training?

Karyawan akan mendapatkan Training 2 hari in Class, dan 1 hari Simulasi, kemudian baru di tempatkan sesuai jabatannya

Materi Training apa saja yang akan di berikan kepada karyawan?

Ada 2 materi yang akan di berikan kepada karyawan :

  1. Training mengenai  Operasional Toko, dari mulai bagaimana cara melayani konsumen, memajang barang, menerima barang dll
  2. Training Administrasi, mulai dari penggunaan POS kasir dan membuat laporan admistrasi dan Keuangan toko.

Apakah saya sebagai pemilik harus mengikuti pelatihan yang di lakukan oleh Tim Retailman Indonesia

Sebaiknya sebagai pemilik mengikuti training dari awal hingga akhir, gunanya nantinya jika bisa membantu karyawan jika ada kesulitan, atau dapat memberikan koreksi jika karywan tidak mengikuti standard Operating Procedure

Bagaimana jika saya menggunakan jasa Retailman Indonesia yang systemnya sudah menggunakan computer?, sedangkan saya gaptek. Komputer.

Pemilik toko tidak harus bisa computer, akan tetapi kami akan membantu bagaimana caranya mambaca laporan, sehingga pemilik meskipun gaptek tetap bisa membaca laporan keuangan.

Apakah harus pakai Komputer?

Salah satu syarat untuk menggunakan jasa Retailman Indonesia adalah bersedia menggunakan Komputer

Berapa komputer yang harus saya sediakan? Karena toko saya masih kecil hanya ukuran 80 meter persegi

Minimal menyediakan computer 2 unit,

  1. Untuk POS (Point Of sales) Kasir
  2. Untuk Back Office, Administrasi dan Keuangan.

Apakah semua karyawan harus bisa mengopersaikan computer?

Setiap karyawan harus bisa menjalakan computer sesuai tugas dan tanggung jawabnya, misalkan bagian kasir, ya karyawan tsb harus bisa mengoperasikan POS, jika Bagian Admin ya harus bisa mengoperasikan computer back Office

Apakah saya selaku pemilik harus bisa computer?

Pemilik toko tidak harus bisa computer , tapi minimal mengatahui alur proses dan Laporan apa saja yang di perlukan.

Apakah karyawan perlu di batasi hak akses nya untuk masuk ke system komputer?

Betul, setiap karyawan diberikan hak akses, yang mana hak akses di sesuaikan dg tugas dan tanggung jawabnya, jika dirasa karyawan tersebut tidak di perkenankan untuk melihat laporan tertentu, akses tersebut bisa kami tutup, dan hanya bisa di buka oleh pemilik atau orang yang di tunjuk bisa mengakses laporan tsb.

Sebagai pemilik toko, laporan apa saja yang harus saya pahami dan saya terima?

Sebagai pemilik ada beberapa lapran yang harus diterima :

  1. Laoran penjualan
  2. Laporan Pembelian
  3. Laporan saldo Kas
  4. Laporan Rugi Laba
  5. Neraca

Laporan tersebut apakah saya terima setiap hari atau per bulan?

Untuk Laporan penjualan, pembelian dan Kas bisa diterima setiap hari, khusus untuk laporan keuangan, Rugi laba dan Neraca cukup per bulan saja.

Saya tidak pernah belajar akutansi, bagaimana saya bisa membaca laporan keuangan?

Kami akan mengajarkan bagaimana cara membaca laporan keuangan kepada pemilik toko

Jika ada masalah dengan software, bagaimana cara menaggulanginya? padahal kantor Retailman Indonesia jauh dari kota kami

Kami selelu siap membantu klien jika ada masalah dengan software, karena jarak antar kantor kami dengan klien, kami menggunakan internet, yaitu dg cara me Remote jarak jauh

Support apa saja yang akan diberikan oleh Retailman Indonesia?

Suppoert yang kami berikan kepada klien. Antara lain, dari set up awal hingga toko buka. Termasuk membuat desain  toko training karyawan, pembuatan Job desk, pembuatan SOP sampai membuat laporan keuangan.

Berapa lama support yang diberikan Retailman Indonesia kesaya selaku sebagai Klien?

Support akan dilakaukan selama  3 bulan, atau selama kami terikat oleh perjanjian kontrak, jika perjanjian kontrak berakhir, bisa diperpanjang atas persetujuan kedua belah pihak.

Berapa kali kunjungan Retailman Indonesia ke tempat saya?

Kami akan berkunjung ke tempat klien setiap bulan, lama nya disesuaikan dengan kesepakatam yamg di tuangkan dalam perjanjian kontrak.

Apa saja yang dilakukan Retailman Indonesia di tempat saya?

Ada beberapa tahapan yang akan dilakukan pada saat kunjungan :

  1. Mulai dari Memberikan Training kepada karyawan.
  2. Indentifikasi masalah, dan mencari jalan keluarnya
  3. Memberikan masukan kepada pemilik toko
  4. Berdiskusi untuk mengembangkan usaha
  5. Membuat laporan keuangan

Apakah hanya 3 bulan atau bisa diperpanjang masa support nya?

Support 3 bulan itu adalah sesuai dengan masa kontrak, jika pemilik toko ingin support lebih lama, bisa dilakukan atas permintaan pemilik dan kesepakatan dengan kami.

Apa yang sering terjadi pada masa-masa awal pembukaan toko,?

Biasanya SDM tidak mengikuti SOP yang sudah di tetapkan, atau karyawan keluar diganti dg karyawan baru

Selain di jadwal kunjungan ke tempat saya apakah support bisa dilakukan dengan cara lain misalkan lewat WA?

Support tidak hanya dilakukan saat kunjungan ke tempat klien saja, tapi bisa lewat Telpon, WA, VC, Email, dan Teamviewer.

Bagaimana jika toko saya sudah lama, dan masih tradisional, apakah bisa menggunakan jasa Retailman Indonesia?

Retailman Indonesia tidak hanya membantu mendirikan toko baru, tapi kami juga membantu Up grdae toko lama yag masih Tradisional menjadi Toko Modern

Apakah Proses dan supportnya sama, jika toko saya toko lama dan ingin menjadi toko modern?

Tahapan nya sama, Supportnya sama, yang mebedakan adalah nanti pada saat epmbuatan laporan keuangan dan pembuatan struktur organisasi, apakah karyawan yang sudah ada bisa mengisi jabatan tersebut.